----------Selamat Datang di Blog Rony.upluk------------Terima Kasih Atas Kunjungannya----------- Kios multimedia: ISTILAH2 DALAM TWITER

ISTILAH2 DALAM TWITER

Twitter secara harfiah bermakna ‘berkicau’ (jika itu burung) atau ‘mengoceh’ (jika itu manusia). Twitter adalah layanan jejaring sosial (tapi menurut para pendirinya lebih merupakan jejaring informasi) dan microblogging dengan panjang status maksimal 140 karakter. Status yang kita tuliskan di Twitter dulu diberi nama ‘update’, tetapi belakangan namanya diubah menjadi ‘tweet’. Secara harfiah, tweet sendiri bermakna ‘kicauan anak burung’. Wah, semuanya kok berkaitan dengan burung ya? Pantas saja Twitter memakai seekor burung mungil sebagai ikonnya.
Karena tweet dibatasi maksimal 140 karakter saja, maka kita harus pandai-pandai menuliskan pesan agar bisa singkat tapi jelas dan enak dibaca. Jangan sampai lebay, tapi bukan berarti kehilangan selera humor.
Contoh: @ahmad waiting the return at BCA
Hindari tweet seperti ini: @ahmad waiting the return at BCA, uhh capek dehh, udah panas, gerah sial!
Untuk menyiasati ruang yang terbatas itu, seringkali kita harus menggunakan singkatan-singkatan (akronim) – mungkin bisa disebut singkatan gaul lah – sepanjang itu saling dipahami. Contoh tweet menggunakan singkatan: @ahmad i need an antivirus ASAP! (ASAP: as soon as posible alias secepat mungkin).
Untuk mengekspresikan perasaan, gunakan simbol smily alias emoticon. Misalnya : ) untuk gembira, : ( untuk sedih, : D untuk tertawa, dan sebagainya. Contoh penggunaannya: @ahmad aku lagi seneng sekali nih : )
Jika Anda ingin membagi atau share sebuah URL web atau URL photo, video dan lain sebaginya dalam tweet, gunakan tool untuk mempersingkat URL tersebut. Semisal http://bit.ly atau http://tinyurl.com. Dengan tool tersebut, alamat web yang akan Anda share di Twitter akan lebih padat (kira-kira menjadi 20 karakter saja atau bahkan kurang). Contoh: @ahmad is reading tips Twitter – http://bit.ly/3tg4.
Istilah-istilah dan simbol-simbol yang dipakai di Twitter
Di Twitter ada beberapa istilah yang penting untuk kita ketahui maksudnya. Dimulai dari istilah tweet. Diatas sudah saya jelaskan bahwa tweet adalah sebutan untuk status yang kita tuliskan. Ada juga istilah tweeple atau tweep, maksudnya adalah pengguna Twitter.
Follower adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan status  yang kita lakukan. Kebalikannya adalah following, yaitu orang yang kita ikuti, dan kita akan menerima setiap pembaruan status yang dia lakukan.
Beberapa istilah lainnya adalah sebagai berikut:
Reply: balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet.
ReTweet: men-tweet ulang status orang lain, dengan tujuan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena mungkin menginspirasi kita, atau mungkin karena alasan lain.
Direct message: sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.
Trending topic: topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.
Favorites: dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).
Twitter juga memakai beberapa simbol dalam pemakaiannya. Berikut ini beberapa simbol tersebut beserta contoh pemakaiannya.
@ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut. Kamu bisa berinisiatif menggunakan simbol ini untuk seseorang atau lebih sehingga tweet akan mereka terima. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika kamu me-reply tweet seseorang.
Contoh pemakaian:
@khalid have a nice trip to Singapore!
@tifsembiring to obtain spiritual wealth you have to attain sufficient material wealth
@NajwaShihab next week I’m taking my holiday for a week sweetie… If not this week then when I’m back ya
@khalid @amir kalian mau nggak makan bareng sama aku entar malam?
Giving @boediono n Sri Mulyani good energy to face their trials & tribulations n hope we’d all emerge enlightened by all this drama
Having healthy lunch with @khalid and catching up w th news
@thejakartaglobe: Authorities shut down California airport after bottles of honey spark security scare http://bit.ly/7Eikud
@nytimes: India Tightens Tourist Visa Rules http://bit.ly/7StSRO
Did I miss some earth shattering news guys? @kompasdotcom: Bukti Dikumpulkan, Luna Maya Akan Dilaporkan http://bit.ly/8EfjDd
# (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh pemakaian:
#lifetips Pay close attention to your dreams. They may reveal many insights you will not find in your waking hours.
Presiden SBY: kibarkan bendera setengah tiang selama 7 hari mulai Kamis besok utk mengenang #GusDur
No mistake, no experience; no experience, no wisdom – goldstein #quotes selamat beraktivitas. jgn takut utk mencoba. salam semangat!
@NajwaShihab: Hd nice chat with Luna Maya. Curhat soal twitter & infotainment : ) Watch lengkapnya di #matanajwa http://tweetphoto.com/7001611
RT adalah simbol untuk ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berarti kita menulis ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @khalid Enak juga gabung Twitter.
Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.
Contoh pemakaian: OH Enak juga gabung  Twitter.
HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
Gimana? Sudah tahu kan istilah-istilah dan simbol-simbol yang dipakai di Twitter? Untuk contoh-contoh yang lebih banyak, kamu lihat saja halaman Twitter salah seorang pengguna Twitter. Gampang kan? Dan kalau kamu ingin lebih fasih dalam memakainya ya tinggal kamu praktekkan saja di akun Twitter kamu. Sederhana kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar