----------Selamat Datang di Blog Rony.upluk------------Terima Kasih Atas Kunjungannya----------- Kios multimedia: Tips Mengurangi Beban Pikiran (Stress)

Tips Mengurangi Beban Pikiran (Stress)

Masalah dalam kehidupan selalu terjadi dan dapat menambah beban pikiran dalam hidup. Bila kita tidak menyikapai masalah dengan baik dapat memperberat aktivitas kita sehari hari. Stress menurut Hans Selye seorang ahli fisiologi dari Universitas Montreal merumuskan bahwa stress adalah tanggapan tubuh yang sifatnya nonspesifik terhadap tuntutan atasnya.
Kegelisahan adalah pangkal dari stress, menurut Hans Selye: Stress may also be defined as “the sum of physical and mental responses to an unacceptable disparity between real or imagined personal experience and personal expectations“. Stress juga dapat diartikan sebagai sejumlah respon fisik dan mental yang tidak diharapkan karena ketidakseimbangan antara yang terjadi atau yang di angankan dengan yang diharapkan” Gejala fisik yang terjadi dapat akut atau kronik.
Stress dapat diatasi atau dikurangi dengan berbagai cara antara lain:
1. Berendam dengan air hangat
Berendam dengan air hangat dapat membantu untuk merelaksasi tubuh dari kepenatan. Dengan ditambah minyak essensial atau aromaterapi dapat membantu tubuh untuk berelaksasi dan mengurangi tingkat stress :D
Menurut penelitian terbaru mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi mandi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius.
2. Mengemil cokelat
Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego School of Medicine, Beatrice Golomb, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga depresi, mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka drop. Ternyata, cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.
3. Minum the hijau
Menurut Jacob Teitelbaum, MD, seorang peneliti, ahli nutrisi dan pengarang dari Beat Sugar Addiction NOW!, apapun alasan dari kemarahan Anda, jika ingin menenangkan diri sebentar, nikmatilah secangkir teh hijau. Lalu apa alasannya?
Teh hijau mengandung theanine, yang menenangkan dan membantu menjaga konsentrasi tetap fokus” katanya.
Kadar caffeine yang rendah dari teh hijau tidak akan mendorongmu menjadi marah, sebaliknya, Ia bersifat lebih lembut dibandingkan kopi. Dan juga the hijau mengandung antioksida yang dapat mencegah radikal bebas dan menjaga agar kulit tetap mudah berseri :D

4. Berolah raga
Berolahraga teratur dapat membuat kita lebih tahan terhadap stres, bahkan depresi. Alasannya, dengan melakukan aktivitas olahraga yang cukup takarannya dapat meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Hormon ini dapat memperbaiki suasana hati, yang membantu mengatasi dan mencegah stres. Saat Anda berolahraga, tubuh mengeluarkan beta-endorphins yang menangkal hormon stres yang menjalar ke tubuh.
Itulah alasan mengapa kita mendapati perasaan nyaman dan menyenangkan sehabis berolahraga. Olah raga yang dilakukan dapat bermacam macam tergantung dengan kekuatan fisik. Yang perlu diingat sebelum berolahraga sebaiknya jangan lupa melakukan pemanasan, dan diakhiri dengan pendingin. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi siap dan tidak kaget menerima ‘beban’ aktivitas fisik. Dan juga, Anda akan terhindar dari rasa pegal-pegal di bagian tubuh tertentu, yang biasa dialami orang yang baru mulai berolahraga lagi setelah sekian lama ‘cuti’ dari olahraga.
5. Mendengarkan musik favorit
Majalah Natural Health menulis bahwa penelitian yang dilakukan University of Maryland School of Medicine tahun 2008 mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit anda selama 30 menit dapat membantu melepas endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stres yang dinyatakan dapat membebani sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Dengan mendengarkan musik dengan berbaring akan merelaksasikan pikiran dan badan karena pelepasan endorphin dala tubuh.
6. Beribadah
Dengan berpasrah diri pada Tuhan dan mengiklaskan diri menghadapi cobaan kita dapat merelaksasikan diri kita secara spiritual. Jika melakukan ibadah ternyata memberikan manfaat besar bagi jasmani dan ruhani kita, betapa ruginya jika kita tidak lebih aktif lagi melakukan ibadah kepada Tuhan dan menjauhi segala hal yang dibenciNya. Toh, manfaatnya juga kembali kepada diri kita sendiri.
Semoga dapat bermanfaat dan dicoba. Namun apapun masalah yang terjadi sebaiknya diatasi dengan lapang dada dan mencoba mengambil pelajaran dari masalah yang ada :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar