----------Selamat Datang di Blog Rony.upluk------------Terima Kasih Atas Kunjungannya----------- Kios multimedia: solusi printer EPSON cetak photo bergaris

solusi printer EPSON cetak photo bergaris

Kali ini saya mau berbagi sedikit tips yang bagi saya sangat berguna. Sering kali saya menemui printer teman termasuk pengalaman saya sendiri, yaitu hasil cetakan pada printer Epson bergaris. Yang lebih parah lagi printer baru beli belum ada satu bulan, hasil cetakan sudah cacat alias bergaris (uhhh jengkel campur kesel pastinya).

Pengalaman saya baru beli priter Epson Stylus T13 pakai, ehhh belum ada seminggu di pakai hasil cetakan sudah garis-garis untuk yang warna (gimana gak kesel coba?), padahal kalau printer Epson ini normal, hasil cetakan untuk foto bisa bagus.
Tanya-tanya ama temen, disaranin coba aja dicleaning head. Dah saya coba dah cleaning head. Coba buat print warna ehhhh malah tambah parah.
Ternyata saya dapat juga jawabannya, masuk akal, di praktekkan berhasil, dan printer gw Epson Stylus T13E hampir setahun dipakai sampai sekarang gak ada masalah.
Begini caranya (Ehhh dikasihhh tau gak yaaa???) OK OK gw kasih tau :
Ternyata caranya emang bener pake Cleaning Head, cuman itu aja gak cukup, masih ada yang kelewatan. Ok ikutin aja langkah-langkanya (urut lho ya, gak boleh terbalik) heee.... :

1. Buka Printing Preferences, banyak caranya. Salah satunya melalui :

>START
>CONTROL PANEL
>PRINTER and FAXES
>klik kanan icon Epson
>klik Printing Preferences
>Sehingga tampil kotak dialog seperti gambar di bawah

[Image: preference.jpg]

2. Pilih tap Maintenance
3. Klik Head Cleaning, kemudian klik Start (Tunggu sampai proses cleaning selesai).
4. Setelah proses Cleaning selesai, diamkan printer kurang lebih 30 menit alias jangan gunakan printer untuk mencetak sebelum 30 menit kemudian (malah semakin lama semakin baik).
Dilangkah ini lah yang sering kali tidak dilakukan, sehingga meskipun printer telah di Head Cleaning berkali-kali, hasil tetap tidak memuaskan bahkan semakin jelek hasil cetakan.

5. Langkah berikutnya lakukan pengecekan hasil print, dengan cara masukkan kertas pada printer kemudian klik Nozzle Check. Jika proses cleaning berhasil, maka hasil cetakan akan terlihat seperti gambar di bawah.

[Image: check.jpg]

Semoga bermanfaat, sedikit ilmu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar